oleh

3 Manfaat Sarapan bagi Si Buah Hati Sebelum Berangkat Sekolah

-Kesehatan, Tips-102 views

Jakarta – Seringkali anak-anak saat pagi hari terburu-buru berangkat sekolah, hingga melewatkan waktu makan paginya alias sarapan pagi. Ada saja alasan si anak hingga tidak sarapan, mulai dari tak sempat, masih kenyang atau masih mengantuk.

Sarapan pagi sendiri merupakan hal yang sangat penting bagi tumbuh kembang sang anak. Mulai dari pertumbuhan badan dan perkembangan kecerdasan.

Dalam pertumbuhannya, beberapa zat gizi diperlukan sang anak, seperti hidrat arang, protein dan lemak. Gula dalam darah diperlukan untuk kerja otak.

Kita sebagai orangtua sebisa mungkin mengajarkan kepada anak mengenai pentingnya sarapan. Tapi, orang tua juga harus menyediakan sarapan yang baik dan cukup bagi anak sesuai keinginan dan kemampuan anak.

Berikut manfaat Sarapan untuk Si Buah Hati

  • Untuk Pertumbuhan.

Anak masih dalam tahap pertumbuhan, sehingga membutuhkan kalori dan zat gizi lain yang cukup banyak. Sedangkan lambung anak tidak terlalu besar volumenya. Akibatnya anak harus makan berkali-kali untuk mencukupi kebutuhannya. Bila anak tidak sarapan berarti frekuensi makannya berkurang satu kali sehingga jumlah asupannya berkurang.

  • Untuk Perkembangan Kecerdasan

Otak memerlukan bahan bakar untuk bekerja. Otak hanya dapat menggunakan gula darah sebagai sumber energinya. Gula darah diperoleh dari hasil pemecahan makanan yang berasal dari hidrat arang. Gula darah hanya dapat dipertahankan sekitar 12-18 jam. Maka bila anak makan terakhir di sore hari, sekitar pukul 10 pagi hari berikutnya gula darah anak sudah sangat rendah. Pada saat itu kemampuan otak menjadi menurun. Akibatnya kemampuan anak menangkap pelajaran menurun dan dapat mengakibatkan rasa sakit kepala. Dari penelitian di ketahui bahwa sarapan meningkatkan daya tangkap verbal anak (kemampuan menyerna cerita) dan kemampuan aritmatika. Anak yang sarapan juga lebih stabil emosinya dan dapat mengikuti pelajaran lebih lama.

  • Mencegah kegemukan

Saat anak lapar dan tidak tersedia makanan dari rumah, anak akan cenderung jajan makanan yang manis dan gurih (kemilan, gorengan, minuman soda). Akibatnya terjadi ketidak imbangan gizi dan kelebihan kalori yang dapat memicu kegemukan.

Nah, sudah tahu kan manfaat sarapan bagi si buah hati. Yuk para orangtua kita ajak anak untuk membiasakan diri sarapan.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed