oleh

Mandi Subuh Dapat Mengatasi Stres dan Depresi

Jakarta – Pada umunya, stress bisa disebabkan karena terlalu banyak fikiran. Saat seseorang stress, biasanya tubuhnya bereaksi untuk mengonsumsi makanan sebanyak mungkin, pada akhirnya hal ini bisa saja menimbulkan gangguan penyakit pada tubuh anda.

Nah, untuk mengatasi masalah stres, anda bisa mencobanya dengan mandi subuh atau sekitar jam 4.30-05.00 wib. Hal ini dikarenakan mandi di waktu tersebut, tubuh akan mendapat pasokan oksigen yang cukup. Sehingga, tingkat stres yang Anda rasakan akan berkurang akibat oksigen yang memenuhi berbagai organ tubuh.


Selain itu, menurut sebuah penelitian, mandi subuh dapat menstimulasi titik biru pada otak–sumber utama noradrenalin–yang dapat membantu dalam mengurangi depresi secara kimiawi.

Saat ini, mandi subuh juga sering dijadikan sebagai terapi air dingin untuk mengaktifkan kembali sistem saraf sekaligus membantu pelepasan hormon yang dapat membantu seseorang yang depresi merasa lebih segar.

Selain itu, mandi subuh dengan air dingin juga dapat memicu pelepasan hormon endorfin yang bekerja melawan hormon stres, serta menghasilkan serotonin–zat kimia di dalam otak yang dapat meredakan depresi.

Sebuah penelitian mengungkapkan, olahraga dengan memanfaatkan air dingin seperti berenang, dapat mengurangi gejala depresi. Jenis olahraga aerobik termasuk berenang dapat membantu mengurangi hormon stres dan membentuk zat-zat yang dapat mencegah kerusakan sel otak.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed