oleh

WISATA KEREN DI SEKITAR DANAU TOBA YANG PATUT ANDA JELAJAHI

  1. Foto unik di sarang burung: Puncak Sidiangkat, Sidikalang.

 

Dengan berlatar-kan panorama keindahan alam tanah Pakpak, jauh dari polusi udara, Puncak Sidiangkat patut menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikunjungi saat berada di Kabupaten Dairi sekitaran Danau Toba. Daya tarik yang ditawarkan Puncak Sidiangkat yaitu spot foto unik berupa sarang burung raksasa, sedangkan background di sekitar lokasi menyajikan keindahan alam dengan hijaunya pepohonan. Hal ini tentu menjadi magnet tersendiri bagi setiap pengunjung.

Jika ingin bermalam dalam suasana yang sejuk, di sini juga ada Hotel Nantampuk Mas yang berada di puncak dikelilingi bebukitan dan view hutan lindung menghijau dengan hembusan udaranya dingin, segar dan asri meyediakan fasilitas 21 kamar dengan harga mulai dari Rp100.000 – Rp300.000 per malam.

2. Air Terjun Situmurun, Binangalom

Air Terjun Situmurun ini sering disebut sebagai Air Terjun Binangalom karena airnya berasal dari desa Binangalom Kecamatan Lumban Julu, kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.
Kata Binangalom berasal dari nama sebuah sungai, yaitu Lum. Lum atau Lom dalam bahasa Batak Toba dapat diartikan sebagai air penyejuk hati. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Indonesia air terjun ini tergolong unik karena airnya mengalir langsung jatuh ke Danau Toba. Anda pun dapat menikmati sensasi berenang melawan arus di air terjun ini.
Untuk menuju tempat ini ada dua alternatif jika Anda dari Medan, yaitu rute dari Parapat melalui Pelabuhan Ajibata atau rute dari Balige melalui Pelabuhan Balige. Keduanya sama-sama ditempuh dengan menyewa kapal motor menuju lokasi air terjun. Namun jarak terdekat adalah dari Balige, sebab letak air terjun ini mengarah ke Balige.

3. Pusuk Buhit, Samosir

Samosir menyimpan banyak tempat wisata yang menarik. Pusuk Buhit sebenarnya adalah gunung berapi aktif. Tingginya sekitar 1980 meter di atas rata-rata permukaan laut.
Gunung ini dikelilingi oleh beberapa desa, seperti Sianjur Mula-Mula, Samosir, dan Pangururan. Saat ini, Pusuk Buhit menjadi tujuan liburan yang menarik di Sumatera Utara karena Pusuk Buhit terkenal dengan cerita urbannya.

Menurut mitos Batak, Pusuk Buhit adalah tempat kelahiran Suku Batak atau asal mula Suku Batak. Penduduk setempat percaya bahwa Pusuk Buhit adalah tempat kelahiran Raja Batak. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Pusuk Buhit. Misalnya, anda bisa mengunjungi Tower Tele yang merupakan tempat sempurna untuk menyaksikan pemandangan keindahan Danau Toba. Ada tempat menarik lainnya di dekatnya seperti Aek Sipitu Dae, Batu Hobon, dan masih banyak lagi.

4. Bukit Indah Simarjarunjung

Sesuai dengan namanya, memang bukit ini menawarkan keindahan yang nyata. Dari ketinggian, Anda dapat melihat jelas pesona keindahan Danau Toba. Setelah dibuka tahun 2016 lalu, kini wisata Bukit Indah Simarjarunjung sudah ramai dikunjungi warga.

Bukit Indah Simarjarunjung ini dikelola seperti wisata Kalibiru Jogjakarta, yang dibuat sedemikian rupa dengan bentuk rumah pohon. Salah satunya rumah pohon cinta yang banyak diminati anak-anak muda. Tidak hanya pemandangan Danu Toba, tetapi masih banyak pemandangan alam lainnya yang indah, seperti hamparan perbukitan yang hijau berpadu dengan birunya langit, kawasan persawahan, dan juga perkebunan teh dan kopi.

5. Pantai Paropo

Paropo adalah salah satu Desa yang memiliki keindahan alam berada di Kecamatan Silahi Sabungan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Selain untuk tempat berkemah, Paropo merupakan lokasi yang tepat bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Tentunya anda harus mempersiapkan alat pancing sendiri dari rumah karena di paropo tidak ada penyewaan alat pancing.

Bagi yang tidak suka berkemah, di Paropo kini sejumlah penginapan sudah mulai berdiri dengan harga kamar yang bervariasi, mulai dari harga Rp200.000/malam hingga Rp500.000/malam, sesuai fasilitas dan lokasi penginapan, apakah berada di tepi danau atau dekat perbukitan.

6. Pemandian Bukit Gibeon

Bukit Gibeon adalah sebuah destinasi wisata keluarga yang berada di Kabupaten Toba Samosir dan wajib untuk Anda kunjungi karena alamnya yang indah dan asri.
Bukit yang lebih sering disebut dengan Pusat Seminar Bukit Gibeon (PSBG) ini memang baru saja didirikan, namun sudah banyak orang mengetahuinya dan sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Pusat Seminar Bukit Gibeon sebenarnya merupakan tempat sekolah Misionaris/ sekolah Pendeta, akan tetapi Pusat Seminar Bukit Gibeon ini juga sering dijadikan sebagai pusat retret, tempat doa, ibadah, ataupun sekedar liburan keluarga.
Di kawasan ini terdapat air terjun. Air Terjun Gibeon merupakan air terjun alami yang jatuhan airnya itu unik dan menarik karena jatuhan airnya langsung menujuh ke sebuah kolam penampungan/ kolam renang yang lebih dikenal sebagai Pemandian Bukit Gideon.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed